Minggu, 03 April 2011

Menguasai Kosa Kata

Bagaimana cara membuat anak cepat menguasai kosa kata bahasa Inggris?

Masing-masing orang tentu punya pendapat masing-masing tentang hal ini. Menurut saya, cara terbaik adalah dengan menggunakan teknik games (permainan). Banyak permainan yang dapat kita ciptakan sendiri dengan tujuan agar anak lebih cepat menguasai kosa kata, baik cara pengucapan, arti, maupun tulisannya. Beberapa diantara permainan yang sering saya lakukan bersama murid-murid adalah sebagai berikut:

1. The Faster The Winner (Pemenangnya Yang Lebih Cepat)

Permainan ini akan melatih kemampuan anak dalam mendengarkan (listening), membaca (reading), pengucapan (pronunciation), dan pemahaman arti (translation). Gambar di atas sekedar copy dari internet, jangan ditiru. Permainan ini tidak dilakukan dengan mata tertutup.

Bahan:
2 lembar kertas HVS
Gunting / cutter
Spidol atau Pulpen


Cara pembuatan:
Potong tiap kertas menjadi 16 bagian yang sama besarnya. Tuliskan kata-kata yang anda ingin anak kuasai pada tiap potongan kertas tersebut. Hasilnya adalah 16 kata berbahasa Inggris dan 16 kata berbahasa Indonesia.


Cara bermain:
1. Sebelum memulai permainan, ajarkan terlebih dahulu tiap kata tersebut. Ajarkan cara membaca dan artinya. 
2. Setelah itu mulailah permainan dengan potongan kertas berbahasa Indonesia terlebih dahulu. Letakkan potongan-potongan kertas berbahasa Indonesia di atas meja.
3. Sebutkan satu kata dalam bahasa Inggris dan minta anak untuk berlomba mencari padanannya dari potongan kertas di atas meja tersebut.
Permainan ini dilakukan sampai anak tidak ada kesulitan lagi mencari potongan kata yang tepat untuk tiap kata bahasa Inggris yang didengarnya. Dengan demikian 16 kata yang anda targetkan akan dengan mudah mereka hapalkan dengan cara yang menyenangkan.
4. Langkah selanjutnya adalah dengan mengganti potongan kata berbahasa Indonesia menjadi potongan kata berbahasa Inggris. Selanjutnya anda sebutkan satu kata dalam bahasa Indonesia dan minta anak mencari padanannya dalam bahasa Inggris.
5. Langkah terakhir adalah meminta anak untuk mencari pasangan tiap potongan kata berbahasa Indonesia dengan potongan kata berbahasa Inggris.

Catatan:
Dalam satu permainan, sebaiknya jangan terlalu banyak kata yang digunakan. Ini akan membuat anak ketakutan dan malas menghapalkannya. Permainan ini lebih baik dilakukan oleh dua orang atau lebih. Usahakan menggunakan cara kompetisi agar anak lebih termotivasi untuk menang. Dan jika nantinya tidak ada yang kalah lagi, berarti tujuan anda telah tercapai. Anak menguasai kosa kata yang anda ajarkan dengan cepat dan menyenangkan.

Masih banyak teknik bermain lain untuk menguasai bahasa Inggris. Dalam posting berikutnya, akan saya bagikan teknik yang biasa saya gunakan. Sederhana, tidak membutuhkan biaya, mudah dan OF COURSE menyenangkan.

OK. See you tomorrow. Good Luck.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOP KOMENTATOR

Make your own